ULASAN MONITOR GAME HP OMEN 25I

Punya anggaran sekitar 300 dolar untuk membeli monitor game baru atau jumlah yang sama dalam pound sterling? Kemudian Anda menghadapi teka-teki rumit. Mungkinkah solusinya adalah HP Omen 25i yang baru?

Pada titik harga ini, Anda pasti memiliki pilihan yang memalukan. Anda dapat menggunakan resolusi hingga 4K, kecepatan refresh di utara 120Hz, ketiga jenis panel utama (yaitu TN, IPS, dan VA), G-Sync dan FreeSync, berbagai implementasi HDR, dan Anda mendapatkan ide. Yang tidak bisa Anda miliki, tentu saja, adalah semuanya dalam satu panel. Bahkan tidak mendekati uang sebanyak ini dan bisa dibilang tidak cukup dengan harga berapa pun, untuk informasi monitor gaming canggih lainnya di samsung mengungkapkan odyssey qled gaming monitor.

Dengan semua itu, solusi game terbaru HP dibangun di sekitar panel IPS 1080p 25 inci dengan kecepatan refresh tinggi, respons piksel cepat, dan setidaknya beberapa perhatian diberikan pada kualitas gambar, bukan kecepatan murni.

Dengan anggaran ini, tentu saja, Anda dapat memiliki monitor 1440p dan bahkan 4K dengan piksel jauh lebih banyak daripada 1.920 x 1.080 yang ditawarkan di sini dan karenanya detail gambar jauh lebih unggul. Tapi tidak dengan kecepatan yang sama. Alternatif jelas lainnya adalah panel TN dengan respons piksel yang secara teoritis lebih cepat tetapi sudut pandang, kontras, dan akurasi warna yang lebih buruk.

Lebih khusus lagi, HP menilai Omen 25i pada 165Hz untuk penyegaran sementara respons piksel dipatok pada 1 ms, meskipun itu MPRT (Moving Picture Response Time) daripada abu-abu. Biasanya, 1ms MPRT sama dengan 2ms GTG, indikasi awal bahwa Omen 25i mungkin tidak secepat panel game IPS tercepat, yang bagus untuk 1ms GTG.

Metrik utama lebih lanjut mencakup sertifikasi VESA DisplayHDR 400, yang merupakan teknologi HDR tingkat pemula dan tidak menyertakan lampu latar dengan peredupan lokal, kecerahan 400 nits, dan kontras 1.000:1. Mengenai akurasi warna, HP mengutip cakupan 90% dari gamut sinema digital DCI-P3, yang baru setidaknya sejauh banyak pabrikan yang menawarkan panel di segmen ini tidak repot-repot mengutip cakupan warna sama sekali.

Ngomong-ngomong, jika itu semua sesuai dengan ekspektasi untuk panel game jenis ini, bagaimana dengan bantalan fisik HP Omen 25i? Ini tentu saja kunci langsung ke etos desain yang ditetapkan HP Omen, paling jelas di dasar dudukan dan bagian di bagian belakang monitor yang menampung port dan konektor. Keduanya jelas memberi penghormatan pada logo Omen.

HP Omen 25i juga disatukan dengan sangat apik dan sporty, bezel tipis di tiga sisi panel 25 inci. Ada beberapa rekayasa baru dalam cara klip dudukan ke bagian belakang monitor juga. Sayang sekali uang dihabiskan di sana dan bukan untuk penyesuaian. Kemiringan adalah satu-satunya pilihan, bahkan penyesuaian ketinggian pun tidak disediakan. Berbicara tentang konektivitas, Anda mendapatkan masing-masing satu HDMI dan DisplayPort, ditambah hub USB 3 dua port.

Tapi bagaimana dengan hal yang paling penting, yaitu kualitas gambar? HP telah memperoleh sertifikasi VESA DisplayHDR 400 untuk Omen 25i. Itu membutuhkan kemampuan kecerahan 400 nits. Tapi panel ini tidak pernah terasa begitu kuat. Itu mungkin sebagian karena warna putih tidak sebersih dan semurni panel IPS terbaik.

Ini adalah masalah yang relatif kecil dan otak manusia sangat ahli dalam mengabaikannya. Tapi ini merupakan indikasi bahwa ini bukan panel IPS laci teratas dalam hal ketepatan gambar langsung, seperti bukti sedikit kompresi dalam nada yang lebih gelap pada gambar pengujian kami. Singkat cerita, jangan terlalu bersemangat dengan performa HDR monitor ini atau kualitas gambar statis yang lebih luas. Bukan itu yang terbaik dari HP Omen 25i.

Dalam game, respons piksel bagus tetapi tidak sepenuhnya luar biasa. HP telah menyertakan lima tingkat overdrive yang dapat dikonfigurasi pengguna, yang disambut baik karena itu berarti Anda benar-benar dapat menyempurnakan respons piksel dan memutuskan sendiri berapa banyak, jika ada, overshoot yang ingin Anda terima. Dua pengaturan tercepat memang mengalami sedikit inverse ghosting. Tapi, sekali lagi, Anda harus memutuskan kompromi apa yang harus diselesaikan.

Bagaimanapun, menembakkan penembak seperti Call of Duty Warzone, Apex Legends dan Fortnite, Omen 25i terasa sangat responsif. Secara subyektif, respons piksel tidak setajam monitor IPS terbaik, apalagi layar TN tercepat. Tapi jangan salah, Omen 25i tidak bungkuk.

Sedikit kurang berhasil adalah kinerjanya dalam pesta grafis seperti Cyberpunk 2077. Warnanya sedikit kurang cerah dibandingkan panel IPS terbaik. Ada juga sedikit cahaya IPS yang terlihat dalam warna yang lebih gelap. Sekali lagi, ini bukan monitor yang buruk, hanya saja tidak terlalu luar biasa, jika Anda ingin membeli monitor gaming dengan harga terjangkau di Buy Gaming Monitor Singapore.

Pertimbangkan proporsi 25 inci yang relatif sederhana dan resolusi asli 1080p yang tidak spektakuler dan Anda tidak akan memilih panel ini jika tontonan visual murni, bukan respons dan kecepatan, adalah prioritas utama Anda.

Tentu saja, itu sudah cukup jelas di atas kertas. Layar besar dan lebih berani dapat dimiliki dengan uang yang sama. Apa yang diberikan oleh HP Omen 25i, bagaimanapun, adalah kombinasi kecepatan dan respons yang cukup bagus, dikombinasikan dengan kualitas gambar menyeluruh yang dapat ditoleransi, semuanya terbungkus dalam paket estetika yang memuaskan, jika tidak sangat ergonomis.

Tidaklah instan untuk menempatkan HP Omen 25i di bagian atas daftar pendek Anda. Tapi itu tentu saja patut mendapat pertimbangan serius di antara banyak opsi penyegaran tinggi 1080p. Lihat panduan kami untuk monitor high-refresh terbaik jika Anda berada di pasar untuk layar cepat.

Jika Anda ingin membeli monitor gaming dan perlengkapannya Anda dapat membelinya di Buy Gaming Monitors.

Leave a Comment